Waldorf Doll ..pertamaku


Ini pengalaman pertama saya membuat boneka waldorf , boneka waldorf adalah boneka tradisional Eropa (asal Jerman) yang sangat populer di benua Eropa. 
Berbeda dengan cara biasa saya membuat boneka, biasanya saya membuat kulit boneka dulu secara keseluruhan setelah itu barulah saya mengisinya. Untuk boneka waldorf saya harus membentuk bahan isian kepala boneka sehingga membentuk kepala dahulu barulah membungkusnya dengan bahan kulit (kaus katun). Berhubung mencari wol isian tidak memungkinkan maka dari itu saya menggantinya dakron.



Boneka Waldorf (juga disebut boneka Steiner) adalah sebuah boneka yang dulunya digunakan di "Waldorf education" .Dibuat dengan menggunakan teknik tertentu pada pembuatan boneka tradisional Eropa, penampilan sengaja dibuat sederhana untuk memungkinkan anak meningkatkan atau memperkuat imajinasi dan kreativitasnya dengan bermain boneka waldorf. Biasanya boneka tidak memiliki ekspresi wajah. Kaki dan lengan yang fleksibel , yang memungkinkan postur alami.


Boneka Tradisional Waldorf yang terbuat dari kain katun rajut dan isian wol. Mereka kebanyakan memakai bahan-bahan alami. Biasanya boneka Waldorf khas rambutnya panjang terbuat dari mohair atau boucle (jenis benang rajut). Beberapa pembuat boneka menggunakan bahan rambut alternatif seperti wol, rayon, dan kapas. Fitur wajah boneka Waldorf berbeda-beda tergantung pembuatnya. Kebanyakan Waldorf boneka memiliki hidung kecil bahkan kadang tidak ada, mata dan mulut warna umumnya bervariasi sesuai selera.


Oya boneka ini hanya saya buat karena pesanan khusus jadi bukan ready stock  ^_^

Komentar

pingwin mengatakan…
Bahan kaus katun rajutnya beli dimana mba?